Di abad 21, keberadaan fans memiliki arti lebih bagi sebuah
klub bola. Fans adalah pasar. Jika tidak ada penonton, pemasukan dari tiket
stadion akan hilang. Tanpa ada pemirsa, hak siar TV akan sirna. Tanpa ada
penggemar, tak ada yang membeli marchendise klub, kemudian sponsor pun enggan
menaruh label mereka di setiap media iklan klub bola.
Berbagai cara dilakukan klub untuk memberi posisi yang lebih
baik kepada penggemarnya. Agar ada hubungan timbale balik, tidak hanya klub
yang mengambil keuntungan dari penonton, begitu pun juga seharusnya dari klub
ke penonton.
Salah satu caranya adalah seperti yang dilakukan klub
Colorado Rapids. Kostum tim peserta Major League Soccer (MLS) Amerika ini adalah
kostum pertama yang meletakkan nama para pemegang tiket terusan klub di kostum
kandangnya. Total ada 1.451 nama pemegang tiket terusan yang tercetak di kostum
kandang, yang didesain menjadi garis horizontal yang terdapat di kostum.
No comments:
Post a Comment