Wednesday, June 19, 2013

Seperti Saya dengan Liputan6


Tidak jarang seseorang bertemu satu sama lain di internet baru kemudian melakukan kopi darat. Sebaliknya, masih sering terjadi ketika seseorang yang sudah saling kenal di dunia nyata, kemudian saling mencari akun masing – masing di internet.Selain berlaku untuk sesama manusia, proses semacam ini juga berlaku untuk manusia dengan non manusia.Manusia dengan sebuah siaran berita misalnya.

Seperti saya dengan Liputan 6.

Saya masih ingat, di awal perkenalan saya dengan Liputan 6, ada pembawa berita yang sangat saya suka dan sampai masih bekerja di Liputan 6.Pembawa berita itu memiliki ciri yang khas dalam membacakan berita.

‘Sodara, acara malam mingguan yang dilakukan oleh sepasang kakek-nenek berakhir ricuh.Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.Pihak kepolisian sedang menyelidiki penyebab kericuhan ini.BerRrRrRRRRRRrrrRrRrrikut...cuplikannya.’

Jeremy Teti

Saya masih ingat saat siaran mereka hanya pada jam 6 sore, kemudian bertambah jadi jam 6 pagi dan jam 12 siang sesuai dengan angka 6 di nama mereka yang berarti siaran setiap kelipatan jam 6. Saya juga masih ingat ketika Liputan 6 menyabet berbagai penghargaan sebagai bukti kualitas tayangan mereka. Presenter Terbaik dalam Panasonic Award tiga kali berturut – turut pada tahun 2004, 2005, dan 2007 serta prestasi dari luar negeri yang diberikan oleh Menteri Luar Negeri Australia pada tahun 2009 yaitu penghargaan Elizabeth O`Neill Journalism.

Meski tidak setajam seperti saat sebelum ditinggalkan Rosiana Silalahi;Bayu Sutiyono;dan Karni Ilyas, kualitas Liputan 6 senantiasa terjaga dalam menyuguhkan berita terbaru, aktual, dan terpercaya di tengah kencangnya tekanan penguasa dan pemilik media-media yang membuat stasiun TV menjadi hilang kenetralannya. Tengok saja TV-TV yang tidak pernah menyiarkan suatu masalah besar negara yang hanya karena masalah tersebut melibatkan pemiliknya, atau stasiun TV yang meliput secara ekslusif kegiatan partai pemiliknya di jam – jam primte. Bagaimana dengan partai lain yang bukan milik pemiliknya? Ora sudi! Besar harapan saya Liputan 6 bisa tetap netral, adil, dan tidak memihak seperti saat ini.

Era internet yang kian pesat seperti saat sekarang menarik saya untuk mengetahui situs acara berita kesukaan saya ini. Saya buka www.liputan6.com dan saya disambut oleh web dengan warna dominan putih serta nuansa orange di beberapa bagian sebagai warna khas Liputan 6 serta tulisan nama dan logo Liputan 6 di pojok kiri atas. Di sampingnya disediakan kolom ‘search’ bagi yang ingin mendapatkan topik atau berita tertentu dengan cepat dalam web Liputan 6. Di sebelahnya lagi ada tombol social media yang kali aja ada yang ingin men-shareberita dalam web Liputan 6 ke facebook atau twitter. Saya juga nge-like halaman Liputan 6 dan follow twitter @liputan6dotcom agar tidak ketinggalan berita terkini liputan6.com.
  
Di headline diberikan enam pilihan berita, ditampilkan dengan model slide foto yang cukup besar. Di bawah headline terdapat berita – berita sesuai kategori yang diinginkan. Kategori yang disediakan adalah berita terkini, berita terpopuler, dan satu sub tema pilihan redaksi. Di sisi kanan dan bawah situs berjejer kategori – kategori lain sebagai pilihan pembaca. Selain di sisi bawah dan kanan situs, kategori – kategori yang sama juga bisa dipilih dengan meng-klik nama kategori yang diinginkan di bagian atas situs.

Berpaling ke bagian paling bawah situs ada beberapa info mengenai situs Liputan 6. Seperti susunan redaksi, peta situs (mirip daftar isi), kontak yang bisa dihubungi, lowongan bekerja di Liputan 6, disclaimer, mobile web (yang ini akan saya bahas khusus nanti), serta beberapa info pendukung.

Situs Liputan 6 sendiri terdiri dari sepuluh kategori.Tampilan untuk masing – masing kategori sama dengan tampilan awal situs. Dengan perubahan di beberapa bagian seperti konten headline sesuai kategori masing – masing, serta tema pilihan yang ada di sebelah pilihan ‘berita terpopuler’ di bawah headline yang berbeda – bedadisesuaikan dengan kategori yang sedang dibuka. Berikut ini kategori-kategori dalam situs Liputan 6, mulai dari yang pertama...

News
Kategori News berisi berita – berita yang terjadi hari ini.Kategori News memiliki empat sub-kategori.Salah satunya yang menarik adalah ‘Citizen’.Di sub-kategori atau rubrik ini redaksi mengajak masyarakat untuk tidak hanya menjadi pembaca tapi juga ikut serta memberitakan peristiwa menarik di lingkungan sekitarnya.Liputan 6 mengajak masyarakat untuk lebih peka dan peduli dengan fenomena yang ada di dekat masyarakat.Karena masyarakat sendiri yang lebih tahu keadaan daerahnya melebihi orang lain. Pembaca bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, opini politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, dan lain-lain, kemudian kirim dalam bentuk email ke citizen@liputan6.com.

Untuk merangsang minta masyarakat untuk lebih rajin berpartisipasi dalam mengirimkan artikel, mungkin Liputan 6 sebaiknya memberikan reward baik berupa materi, penghargaan, ataupun hal lain seperti pemberian akun khusus di situs Liputan 6 semacam member yang telah terferifikasi dengan beberapa keuntungan dari redaksi yang akan diterima oleh yang bersangkutan.

Kategori News nggak cuma berisi rubrik Citizen saja. Masih ada rubrik-rubrik lain.
  • Politik: sesuai namanya, sub ini memuat berita-berita mengenai percaturan politik di negeri ini.
  • Internasional: semua berita dari luar negeri
  • Peristiwa: berita – berita nasional di luar dunia politik.


Bisnis
Oke sekarang kita akan ngomongin duit. Duit saya, duit Anda, duit kita semua akan dibahas disini karena topiknya tidak cuma di Indonesia tapi juga dunia. Kategori Bisnis dibagi lagi ke dalam empat rubrik yang lebih spesifik. Yaitu: Ekonomi, Bank, Saham, Energi & Tambang

Bola
Di rubrik ini diberitakan secara lengkap kabar – kabar seputar dunia sepakbola.Mulai dari klasemen (saya bisa memilih klasemen dari liga-liga dari berbagai belahan dunia bahkan tahun klasemen pun bisa dipilih tidak hanya klasemen pada tahun ini saja!).Ada juga rubrik ‘wawancara’.Berisi interview dengan insan sepakbola baik dalam dan mancanegara.Dilakukan langsung oleh redaksi maupun bekerjasama dengan jurnalistik luar negeri.

Ada juga rubrik ‘bintang’ yang mengulas profil atlit yang sedang bersinar / naik daun saat itu. Juga ada rubrik ‘prediksi’ yang mengulas preview pertandingan yang akan berlangsung; rubrik ‘galery’ yang berisi foto-foto dari dunia sepakbola; serta rubrik ‘corner’, yang mengulas kehidupan insan sepakbola di luar lapangan hijau.

Liga-liga di dunia yang dibahas khusus secara terpisah.Loga – liga dunia tersebut tertera di bagian bawah kategori ini. Liga – liga itu antara lain Liga Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, Eropa, Nasional, Belanda, dan Prancis.

Kata ‘bola’ sebagai nama kategori ini terasa tidak tepat melihat yang dibahas tidak hanya sepakbola. Di headline sesekali muncul berita bulutangkis. Atlit pesepeda juga pernah muncul di rubrik ‘wawancara’. Ganti saja kata ‘bola’ di nama kategori ini dengan ‘Olahraga’. Jika nama kategori ini menjadi ‘olahraga’, porsi untuk berita olahraga di luar sepakbola juga sebaiknya ditambah, mengingat penikmat cabang olahraga lain seperti basket, bulutangkis, otomotif, tenis juga cukup banyak dan pasti juga menunggu info berita dari cabang kegemaran mereka dari situs kesayangan mereka ini.


Showbiz
Dari ngomongin orang berkeringat, kita beralih ke kategori yang lebih ringan: hiburan. Ada rubrik ‘musik’ yang mengabarkan segala hal mengenai dunia musik, event musik, penyanyi, dan seniman musik lainnya di seluruh dunia termasuk Indonesia.Ada rubrik ‘celeb’ yang mengabarkan info terbaru dan terhangat dari para selebriti lokal dan dunia.Sama halnya dengan kategori ‘bola’, ‘Showbiz’ juga menampilkan foto-foto seputar dunia hiburan dalam rubrik ‘galery’.Info dari penyanyi korea diberitakan terpisah dalam rubrik ‘K-pop. Dan rubrik ‘movie’ tentang info – info seputar dunia perfilman dan orang – orang  yang bekerja di dalamnya.

Health
Yang pengen sehat sebaiknya sering-sering main ke kategori ini.Selain rubrik ‘info’ yang berisi berita seputar kejadian, peristiwa, tokoh, maupun event seputar kesehatan, juga ada banyak tips sehat dalam rubrik ‘fit’.Bagi yang bermasalah dengan kelebihan berat badan, tengok saja rubrik ‘diet’ untuk mendapatkan tips-tips yang sangat oke untuk mendapatkan berat badan ideal.Redaksi situs Liputan 6 juga sudah menyediakan info – info seputar kesehatan seksual di rubrik ‘seks’. Rubrik ini terlalu riskan jika dibaca oleh pembaca yang dianggap belum cukup umur menerima info dewasa. Maka pihak redaksi tidak melepas tanggung jawabnya kepada pembaca. Pada beberapa artikel akan muncul peringatan saat pembaca mulai membukanya. Peringatan berupa teguran: ‘Artikel ini sangat tidak disarankan untuk yang masih di Bawah usia 18 tahun’. Jika peringatan tersebut muncul, pembaca bisa memilih pilihan ‘stop disini’ untuk tidak melanjutkan membaca artikel tersebut atau ‘lanjutkan’ jika masih kekeuh ingin membacanya.

Teknologi saat ini memang masih belum bisa memberikan proteksi kepada pembaca di bawah umur.Komputer masih belum bisa membedakan mana pengguna yang sudah cukup umur dan yang di bawah umur secara otomatis.Karena keterbatasan tersebut, hal yang dilakukan redaksi dengan memberi peringata seperti ini sudah termasuk sangat baik.Sekarang tergantung kesadaran pembaca.

Disini peran orang tua atau orang dewasa dalam mendampingi dan mengawasi keluarganya yang masih di bawah umur dalam menggunakan komputer, atau mungkin memproteksi komputer tersebut dari keyword-keyword / konten dewasa sangat penting.


Untung yang tidak disarankan baca artikel adalah yang belum cukup umur, seandainya yang dilarang membaca adalah yang belum cukup ganteng, bisa-bisa saya ga bisa baca situs ini lagi..

Tekno
Buat yang suka utak atik gadget dan tidak mau ketinggalan berita terbaru seputar teknologi, kategori ini cocok banget untuk kamu. Karena di kategori ‘Tekno’ ada rubrik ‘gadget’ yang akan memberi berita seputar gadget terbaru dan teknologinya dalam ‘gadget’. Lalu seputar bisnis dan teknologi telekomunikasi dalam rubrik ‘telko’, tentang permainan seru yang sedang heboh atau yang baru rilis rubrik ‘game’, serta segala info seputar dunia maya dalam rubrik ‘internet’.

Video
Buat yang suka kelewatan siarannya liputan 6 di TV, bisa main ke kategori ini.Disini berisi rekaman berita yang disiarkan di Liputan 6. Tidak cuma berita hari ini, berita hari itu pun juga ada! (Maksudnya rekaman berita di hari yang sudah lewat juga masih tersedia, hehe..). Kategori ini ibarat youtube-nya Liputan 6! Video di kategori ini dibagi dalam tiga tipe yaitu video terkini, banyak dilihat, dan paling banyak terkomentari.Hanya saja ketika memilih kategori ini, kita tidak bisa melihat ketiga tipe tersebut sekaligus dalam satu layar.Kita harus memilih satu per satu. Menurut saya jika ketiga tipe itu dimunculkan sekaligus (misalnya dengan membagi layar menjadi tiga, masing – masing bagian mewakili tipe tersebut) akan lebih praktis dari segi user.


Streaming
Masih seputar video, jika tadi kita ngebahas video hasil rekaman, redaksi situs Liputan 6 juga nyediain fasilitas nonton langsung siaran SCTV. Cocok banget buat anak kos yang nggak punya TV seperti saya. Dan sangat menolong bagi orang – orang yang lagi pengen nonton acara TV di SCTV seperti Liputan 6 misalnya tapi lagi nggak berada dekat televisi.Tinggal menyalakan laptop, sambungkan ke internet, lalu buka situs Liputan 6, dan nonton siaran SCTV di kategori ‘streaming’.


Deal
Ini kategori paling unik dan menarik dari situs Liputan 6.Berbagai diskon ada disini.Diskon makanan, pakaian, dan voucher diskon lainnya. Lumayan buat nyambung hidup di tanggal tua..Tinggal pilih diskon mana yang disuka, klik, dan ikuti cara mendapatkan diskon itu. Cara mendapatkannya tinggal dibaca di badan artikel yang di-klik tadi. Yummyyy.. Pokoknya..Hidup gratisan! Eh, maksud saya: HIDUP DISKONAN!!


Foto
Satu foto terkandung lebih dari jutaan makna.Tak akan cukup berapapun kata untuk membahasakan sebuah foto. Beda yang memandang, beda pula persepsi yang tercipta. Ketika semua keterbatasan tulisan itu ada, di sana foto berbicara. Biarkan penikmat foto tersebut mengartikannya secara bebas.

Oleh karena itulah, redaksi Liputan 6 menyediakan satu kategori khusus yang menampilkan foto-foto berbagai kejadian penting yang baru saja terjadi.Baik dari bidang politik, hukum, olahraga, dan lainnya.


Apakah situs Liputan 6 hanya bisa dibuka dari laptop atau komputer?

Tidak. Setelah saya coba buka lewat Blackberry saya, tampilan mobile site situs Liputan 6 cakep banget! Simple, ringan, dan navigasinya nggak ribet.Baik yang versi web dan mobile sama – sama user friendly. Dengan dasar tampilan putih, serta font tulisan yang tidak terlalu kecil membuat nyaman bagi yang melihatnya.Semua kategori termasuk streaming bisa dilihat lewat mobile.

Klik saja http://m.liputan6.com untuk merasakan situs Liputan 6 dari gadget kamu.Dari komputer atau laptop juga bisa mencoba tampilan mobile ini. Klik saja tombol ‘mobile site’ di bagian pojok bawah situs Liputan 6, maka kamu akan langsung diarahkan ke versi mobile-nya.

Tampilan home dari mobile site m.liputan6.com

Tampilan ketika satu artikel liputan6.com dibuka melalui mobile site-nya

Fitur Tambahan
Ada dua fitur lainnya yang ditawarkan redaksi untuk kita sebagai pembaca.

  • Editor’ Choise. Adalah tema khusus yang dipilihkan oleh editor situs Liputan 6.Tema khusus yang dipilih adalah yang sedang panas diperbincangkan saat itu di Indonesia maupun di dunia dan dianggap layak serta penting untuk pembaca ketahui.Tiap kategori memiliki Editor’ Choise yang berbeda.Klik saja gambar seperti di bawah ini.Biasanya letaknya di bagian kanan layar.

  • Navigasi. Saat saya membaca satu artikel dalam situs Liputan 6, di sebelah kanan dan kiri layar akan ada tanda panah. Jika tanda itu disorot akan muncul jendela tambahan berisi artikel lain yang mungkin menarik juga untuk dibaca. Sangat pas untuk jadi bahan bacaan bagi pembaca yang sedang senggang, atau bingung mau baca apa lagi.Arahkan saja mouse ke tanda panah di sebelah kanan dan kiri layar dan klik judul artikel yang tertera disana.



Secara keseluruhan saya suka dengan situs Liputan 6,sama besarnya dengan kecintaan saya dengan siaran berita Liputan 6. Setiap buka internet, yang saya lakukan pertama adalah mencari berita terkini liputan6.com terutama di kategori bola (apalagi sekarang sedang berlangsung piala konfederasi) dan kategori video (memantau aksi presenter favorit saya: Jeremy Teti. Oke, sebaiknya saya berhenti membahas om ini sebelum saya terdengar seperti gay :p ).

Tidak banyaknya iklan maupun gambar animasi di dalam situs membuat waktu yang dibutuhkan loading situs ini sangat cepat.Hasil ini saya dapatkan dari uji menggunakan mesin tes kecepatan loading.

Rata - rata dibutuhkan waktu hanya 0,02 detik untuk membuka situs liputan6.com, bahkan paling cepat daripada situs berita lain yang diuji sebagai perbandingan.

Dengan sedikitnya iklan juga membuat nyaman dalam membuka dan membaca situs Liputan 6.

Satu lagi yang saya syukuri dari situs Liputan 6 adalah tidak digunakannya sistem reload otomatis yang biasa ditemukan di beberapa situs termasuk situs berita. Sistem reload otomatis akan membuat situs mengalami reload secara sendirinya. Fungsinya adalah untuk mengelabui mesin pengitung traffic agar situs tersebut terkesan ditengok berkali – kali. Dengan jumlah traffic yang seakan tinggi ini akan menguntungkan situs karena akan membuat situs bersangkutan muncul di paling atas di halaman pertama  mesin pencari seperti google. Sanagat tidak nyaman jika saat sedang asik membaca artikel lalu tiba-tiba situs yang kita baca mengalami reload otomatis. Syukurnya situs Liputan 6 tidak seperti itu.

Satu lagi saran saya untuk situs liputan 6 ini.Dengan semakin banyaknya lulusan baik dari bangku sekolah maupun kuliah, alangkah bagusnya jika situs Liputan 6 juga menambahkan dua kategori lagi.Yaitu lowongan kerja (tidak hanya bekerja di SCTV saja) serta beasiswa untuk semua jenjang pendidikan hingga S3 baik studi ke dalam maupun ke luar negeri.Sehingga manfaat yang didapatkan pembaca dari situs yang sudah sangat bermanfaat ini makin banyak.

Saya terus berdoa dan berharap semoga saya, kita, terutama redaksi situs Liputan 6 selalu diberi kesehatan sehingga tetap bisa berkarya menghasilkan sesuatu yang terbaik, yang berguna.Bagi bangsa. Bagi orang lain.

Ada amin? :)

No comments:

Post a Comment