Sunday, February 24, 2013

Mendikbud Mau Hapus UN SD, Mas!



Saya baca Jawa Pos edisi hari ini, Senin 25 Pebruari 2013. Tepat di halaman 12 ada artikel dengan judul yang sangat menarik perhatian saya. Disebutkan kalo Mendikbud akan menghapuskan UN untuk level SD.

Alasannya, UN untuk siswa SD melanggar UU yang menegaskan bahwa anak Indonesia berhak atas pendidikan 9 tahun (SD + SMP). Jika siswa tidak lulus UN, kemungkinan siswa tersebut enggan melanjutkan ke SMP.

Menurut saya program ini nggak salah. Hanya memang perlu disiapkan secara matang. Ga usah terburu - buru. Dan kalopun program ini ga kelar juga sampai periode pak Beye menjabat sebagai presiden habis, semoga pemerintahan selanjutnya mampu melanjutkan atau mungkin segera membuat program yang lebih baik.

Catatan saya jika memang UN SD dihapus, penilaian atas kemampuan dan kelayakan siswa SD melanjutkan ke jenjang SMP seperti apa? Apakah pasti lulus? Kemudian bagaimana dengan SMP yang menolak siswa lulusan SD masuk ke sekolah tersebut (hal ini saya belum tau apakah sudah ada solusinya)

Sekian. (**)

No comments:

Post a Comment